diet

Jenis Diet yang Direkomendasikan

Yade K. Yasin, M.Gizi, RD
Yade K. Yasin, M.Gizi, RD

Alumni Program Studi Profesi Dietisien Universitas Brawijaya Malang tahun 2019. Saat ini sedang membangun karir sebagai Registered Dietitian (RD).

Banyak diet populer yang menjanjikan dapat memberikan efek cepat, menurunkan berat badan misalnya, namun tak sedikit pula yang berefek singkat dan berdampak buruk bagi kesehatan. Lalu jenis diet apa yang direkomendasikan untuk dilakukan?

“Eat Right and Eat Smart” adalah kata yang disosialisasikan agar tiap orang yang menjalankan diet dapat mengikuti pola diet sehat. Berbagai diet popular berkembang di antara masyarakat dan tidak sedikit yang menjanjikan efek cepat dengan metode ekstrim. Perlu dipahami bahwa diet yang dilakukan diharapkan mampu meningkatkan derajat kesehatan bukan sebaliknya.

Lalu jenis diet apa yang sebaiknya kamu lakukan?

Diet mengikuti individu yang akan menjalankannya, karena kondisi tubuh yang berbeda diet yang diberikan akan disesuaikan dengan keadaan orang tersebut. Sekali lagi perlu diingat bahwa diet dapat dilakukan pada orang sehat maupun pada pasien dengan penyakit tertentu.

Dalam membuat preskripsi diet, dietisien atau ahli gizi merujuk pada prinsip diet gizi seimbang.

Diet Gizi Seimbang memiliki susunan pangan yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih serta mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi dan kesehatan.

Diet Gizi Seimbang menyarankan untuk mengonsumsi jenis makanan dalam proporsi dan jumlah yang tepat, hal ini termasuk makanan dan minuman yang dibatasi bagi pasien dengan penyakit tertentu.

Keanekaragaman makanan ditekankan dalam prinsip diet ini yaitu kelompok makanan sumber karbohidrat sebagai makanan pokok, makanan sumber protein dalam bentuk lauk pauk baik nabati maupun hewani, sayuran, dan buah-buahan. Konsumsi beragam makanan dari tiap kelompok makanan tersebut dengan memvariasikan jenis makanan setiap hari untuk memperoleh zat gizi yang dibutuhkan tubuh, karena tiap jenis makanan mengandung zat gizi yang berbeda namun saling melengkapi.

Konsumsi cairan yang cukup untuk menghindari dehidrasi tubuh. Lebih disarankan konsumsi air putih dibandingkan minuman dengan kandungan kalori tinggi akibat penambahan gula atau pemanis lainnya yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang tidak diinginkan.

Perhatikan asupan gula dan natrium khususnya pada makanan kemasan yang dikonsumsi. Biasakan membaca label kandungan zat gizi pada kemasan untuk menghindari kelebihan asupan zat gizi tertentu, termasuk lemak jenuh dan lemak trans yang berdampak buruk bagi tubuh apabila dikonsumsi berlebihan.

Seperti yang telah disebutkan pada artikel berjudul Diet Tapi Tidak Makan? Salah Kaprah Tentang Diet bahwa diet yang dilakukan haruslah sustainable atau berkelanjutan yang kemudian dapat menjadi kebiasaan dan agar tidak berefek yoyo seperti yang terjadi pada beberapa jenis diet populer yang banyak beredar.

Diet gizi seimbang merupakan diet yang dapat dilakukan dalam jangka waktu lama bahkan disarankan untuk menjadi pola hidup yang dapat diterapkan sehari-hari. Diet memastikan makanan dikonsumsi dan dapat dipergunakan dengan baik oleh tubuh untuk mencapai tujuan diet yaitu menjaga berat badan normal dan meningkatkan status gizi dan kesehatan.

Komposisi yang tepat dari pola makan yang seimbang, beragam, dan sehat akan bervariasi tergantung pada karakteristik individu (misalnya usia, jenis kelamin, gaya hidup dan tingkat aktivitas fisik), konteks budaya, makanan yang tersedia secara lokal, dan kebiasaan makan. Namun, prinsip dasar tentang pola diet sehat tetap sama.

Agar diet tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh, jangan ragu untuk menghubungi dan berkonsultasi dengan dietisien atau ahli gizi untuk mendapatkan saran rekomendasi diet yang cocok untuk Anda.

Sumber:

  • Webster-Gandy, Joan, Angela Madden, and Michelle Holdsworth. 2020. Oxford Handbook of Nutrition and Dietetics. United Kingdom: Oxford University Press. 1–730 p.
  • Kementrian Kesehatan RI. 2014. Pedoman Gizi Seimbang. Kementerian Kesehatan RI. 1–99 p.
  • American Heart Association. 2017. The American Heart Association Diet and Lifestyle Recommendations. Cited on 2020 Aug 09. Available from: https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/nutrition-basics/aha-diet-and-lifestyle-recommendations.
  • 2020. Healthy Diet. Cited on 2020 Aug 09. Available from: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/healthy-diet
  • FAO, and WHO. 2019. Sustainable Healthy Diets Guiding Principles. Rome: Food and Agriculture Organization of United Nations and World Health Organization. 1–37 p. https://doi.org/10.4060/ca6640en.
  • Sumber Gambar: https://freepik.com
Editor
Editor

Nurbaya

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on telegram

Baca juga artikel kami yang lain: