menyusui

Dukungan Agar Ibu Tetap Menyusui Selama Pandemi COVID-19 dan 3 Anjuran Penting WHO

Table of Contents

Bulan Agustus merupakan bulan kemeriahan untuk Bangsa Indonesia. Karena Bulan Agustus merupakan bulan peringatan detik-detik kemerdekaan bangsa ini. Di bulan ini pula, tepatnya tanggal 1-7 Agustus setiap tahun diperingati sebagai Pekan Menyusui Sedunia

Sama seperti Peringatan Kemerdekaan RI, Pekan Menyusui Sedunia -dikenal juga dengan Pekan ASI Sedunia- pun harus dimeriahkan dan terus dikampanyekan. Memberikan ASI kepada bayi merupakan salah satu modal utama untuk mencetak generasi sehat dan tangguh yang nantinya akan mengisi kemerdekaan ini dengan prestasi.

Namun, WHO mencatat bahwa di Indonesia hanya 1 dari 2 bayi berusia di bawah 6 bulan yang mendapatkan ASI Eksklusi, yaitu anak diberikan ASI saja selama 6 bulan pertama usia bayi. Ditambah lagi, hanya 5 persen saja anak Indonesia yang terus mendapatkan ASI hingga usia 24 bulan. Padahal faktanya, pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dan terus dilanjutkan hingga anak berusia 2 tahun sangat penting untuk perbaikan gizi anak.  

ASI adalah sumber gizi terbaik bagi semua bayi. ASI mengandung zat antibodi yang sangat penting untuk melawan infeksi termasuk virus. ASI juga mengandung berbagai zat gizi lain yang dibutuhkan oleh bayi untuk bertumbuh dengan sehat.

Selama Pandemi, Ibu Tetap dapat Memberikan ASI

Tantangan bagi ibu menyusui pun semakin meningkat selama pandemi. Ibu menyusui sering kali khawatir akan menularkan covid-19 kepada bayinya. Meski demikian, pemberian ASI harus tetap diberikan karena ASI justru akan meningkatkan imunitas tubuh bayi.

Kabar baik yang dapat meredam kekhawatiran para ibu menyusui datang dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Mereka menyebutkan bahwa sejauh ini belum ada bukti bahwa ASI sebagai media penularan Covid-19 dari ibu ke bayi. Peneliti pun menyebutkan bahwa antibodi IgG dan IgA terdeteksi dalam ASI justru menunjukkan potensi perlindungan kekebalan pada bayi baru lahir Sehingga ibu tetap dapat menyusui dengan tetap mempraktikkan standar protokol kesehatan covid-19 selama proses menyusui.

Berikut rekomendasi WHO yang perlu ibu menyusui terapkan:

  1. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan setelah menyusui dan menyentuh bayi
  2. Selalu pakai masker
  3. Rutin membersihkan dan mendisinfektan permukaan benda-benda yang sering disentuh

WHO juga merekomendasikan, jika ibu menyusui yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan mengalami gejala virus corona, seperti demam atau batuk, ibu tetap dapat menyusui bayinya dengan tetap melakukan protokol Kesehatan covid-19.

Namun, jika ibu menyusui tersebut positif covid-19 dan merasa khawatir dan tidak nyaman dan lemah, ibu menyusui tetap harus didukung untuk memberikan ASI secara aman. Caranya dengan memerah ASI ke wadah yang bersih dan aman. Atau jika memungkinkan dapatkan donor ASI bagi bayi meski di beberapa budaya, cara ini tidak dapat diterima.

Infografik ini menunjukkan bahwa sangat banyak manfaat menyusui baik bagi ibu maupun si bayi.

Dukungan Bagi Ibu Menyusui

Dalam kondisi normal, proses melahirkan dan merawat bayi baru lahir dapat menyebabkan stres pada ibu. Apalagi selama pandemi ini, semakin banyak faktor yang dapat menyebabkan stres seperti menurunnya pendapatan dan kurangnya akses terhadap pangan karena adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Dukungan suami dan keluarga int pun sangat penting dalam hal ini. Dukungan positif pada ibu menyusui akan mencipta rasa aman dan bahagia pada ibu. Hal ini dapat merangsang dan meningkatkan produksi ASI. Peran tenaga kesehatan dan konselor menyusui juga sangat penting pada masa ini untuk terus memberikan edukasi dan dukungan kepada ibu menyusui.

Mari dukung ibu menyusui untuk tetap memberikan ASI sebagai sumber gizi terbaik untuk bayi.

Sumber:

  • Centers for Disease Control and Prevention (CDC), 2020. Coronavirus Disease (COVID-19) and Breastfeeding [WWW Document]. https://www.cdc.gov/breastfeeding/breastfeeding-special-circumstances/maternal-or-infant-illnesses/covid-19-and-breastfeeding.html.
  • Dong, Y., Chi, X., Hai, H., Sun, L., Zhang, M., Xie, W.F., Chen, W., 2020. Antibodies in the breast milk of a maternal woman with COVID-19. Emerg. Microbes Infect. 9, 1467–1469. https://doi.org/10.1080/22221751.2020.1780952
  • Hand, I.L., Noble, L., 2020. Covid-19 and breastfeeding: what’s the risk? J. Perinatol. 14–16. https://doi.org/10.1038/s41372-020-0738-6
  • World Health Organization, 2020. World Breastfeeding Week: UNICEF and WHO call on the Government and employers to support breastfeeding mothers in Indonesia during COVID-19 [WWW Document]. https://www.who.int/indonesia/news/detail/03-08-2020-world-breastfeeding-week-unicef-and-who-call-on-the-government-and-employers-to-support-breastfeeding-mothers-in-indonesia-during-covid-19.
  • Sumber Gambar: https://freepik.com
Editor
Editor

Andi Imam Arundhana

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on telegram

Baca juga artikel kami yang lain: